Pengelolaan Taman Baca Masyarakat Melalui E-TBM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya

  • ISTIGHFARAH MARDIYANAH QADARISMAN
  • ERNY ROESMININGSIH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca masyarakat, sehingga diperlukan terobosan baru untuk dapat meningkatkan minat baca, salah satunya melalui pemberdayaan perpustakaan atau layanan baca. Bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan (1) pengelolaan transaksi dan aktifitas taman baca masyarakat di Surabaya melalui e-TBM, (2) keterlibatan petugas dan peranannya dalam pengelolaan taman baca masyarakat melalui e-TBM, (3) pengawasan kinerja tenaga perpustakaan melalui e-TBM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan transaksi dan aktivitas di TBM dilakukan melalui pengisian form yang tersedia di e-TBM, sehingga data dapat terintegrasi, (2) koordinator tim IT dan QC berperan dalam mendukung penyediaan layanan sistem e-TBM, sedangkan koordinator petugas berperan dalam melakukan pengawasan, evaluasi dan pembinaan terhadap petugas yang mengelola layanan baca masyarakat dengan dibantu oleh sub koordinator sebagai penghubung komunikasi, (3) pengawasan tingkat pencapaian efektifitas kinerja petugas dapat dipantau melalui grafik dan laman report laporan input petugas di e-TBM, serta melalui evaluasi kinerja setiap awal bulan, dan (4) pengawasan terhadap aktivitas yang diselenggarakan di taman baca masyarakat dipantau melalui laman daftar kegiatan yang dilaporkan oleh petugas setiap hari secara real time ke e-TBM.Kata Kunci : e-TBM, Perpustakaan, Minat Baca
Published
2020-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 164 PDF Downloads: 0