PENGARUH KEBIJAKAN ZONASI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT SISWA MENDAFTAR DI SMP NEGERI ZONA 14 KOTA SURABAYA

  • OKTAVIANTI DIAH LARASATI
  • SUPRIYANTO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh kebijakan zonasi terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya, 2) untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya, 3) untuk mengetahui pengaruh kebijakan zonasi dan brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini memiliki 1080 populasi dengan jumlah sampel sebagai responden yaitu 292 siswa. Instrumen penelitian/angket dibagikan kepada 292 siswa kelas VII di tiga SMP Negeri zona 14 kota Surabaya. Hasil dari instrumen penelitian yang telah diisi oleh responden kemudian diolah menggunakan Uji Prasyarat Analisis Data yaitu Uji Normalitas dan Uji Linieritas; serta Uji Analisis Data yaitu Uji Regresi Ganda, Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tidak ada pengaruh secara signifikan antara kebijakan zonasi terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,076 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai alpha 0,05; 2) adanya pengaruh secara signifikan antara brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, berdasarkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05; 3) adanya pengaruh secara berama-sama antara kebijakan zonasi dan brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, secara simultan nilai adalah 79,471 lebih besar dari nilai yaitu 3,03. Sedangkan taraf signifikansi yang dihasilkan yaitu nilai 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05.

Published
2020-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 140