PENGARUH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 28 SURABAYA

  • RIQI CAHYAWATI
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Manajemen Kelas baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian kausal. Sampel penelitian berjumlah 212 siswa kelas VIII di SMP Negeri 28 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji coba instrumen angket menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product momen dan uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji T pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) secara parsial tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 1,578 lebih kecil dari nilai ttabel 1,971 dan uji T pada manajemen kelas secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung 9,476 lebih besar dari nilai ttabel 1,971. Pada hasil uji F diperoleh fhitung sebesar 49,300 lebih besar dari nilai ftabel sebesar 3,03 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan manajemen kelas secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 28 Surabaya.

Kata kunci: higher order thinking skills (HOTS), manajemen kelas, dan hasil belajar siswa.

Published
2020-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 1239