PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR YAYASAN MUHAMMADIYAH SURABAYA

  • ESTI RINENGGA ASIH
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Servant Leadership dan Budaya Sekolah baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan ada dan tidaknya pengaruh variabel servant leadership (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang disebar kepada 138 responden. Responden dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi berganda, Uji T, Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel servant leadership (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Budaya Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel servant leadership (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil Analisis Regresi berganda diperoleh persamaan Y = 22,340 + 0,163 X1 + 0,211 X2. Pada uji T variabel servant leadership berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru sebesar 4,025 dan variabel budaya sekolah berpengaruh secara parsial dengan kinerja guru sebesar 5,182. Hasil Uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian Servant Leadership dan Budaya Sekolah berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya dimana pengaruhnya sebesar 49%, dan sisanya 51% disebabkan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian.

Kata Kunci: Servant Leadership, Budaya Sekolah, Kinerja Guru.

Published
2020-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 132