Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Se-Kota Kediri

  • Miftachurrochmah Miftachurrochmah Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas VIII di MTs Negeri se-Kota Kediri. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan populasi sejumlah 1.111 dan kuantitas sampel sejumlah 294 responden. Responden dalam penelitian ini diambil dari beberapa sekolah yaitu dari MTsN 1 Kota Kediri, MTsN 2 Kota Kediri dan MTsN 3 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan memakai skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Data penelitian diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) variabel gerakan literasi sekolah (X) nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan anatara gerakan literasi sekolah dengan minat baca siswa di MTs negeri se-Kota Kediri; (2) gerakan literasi sekolah memunyai signifikansi pengaruhdan bersifat positif terhadap minat baca siswa sebesar0,785; (3) pengaruh geraakan literasi sekolah memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,252 yang diartikan pengaruh variabel gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa sebesar 25,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Published
2020-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 252