Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu

  • Wika Berliana Cendaniarum Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto

Abstract

Pendidikan inklusif  merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang dapat menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak normal untuk mendapatkan layanan akademik maupun layanan non akademik. Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa menunjukkan pada ketidakmampuan mental, sosial emosional, maupun fisik. Metode penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari literatur maupun referensi-referensi baik buku ataupun jurnal. Hasil penelitian kajian literatur ini yaitu mendeskripsikan tentang keterampilan vokasional bagi anak berkebutuhan khusus rungu (tuna rungu). Anak tunarungu mengalami keterbatasan dalam akademik, namun tidak menutup kemungkinan mereka mampu berkarya pada bidang keterampilan vokasional ini.  Layanan keterampilan vokasionalga menjadi program utama dalam membekali pribadi individu saat transisi pasca sekolah nanti. Keterampilan vokasional meliputi tata kecantikan, tata boga, dan sablon. Layanan ini didukung dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap berupa alat dan bahan yang baik, serta ruangan khusus dan guru yang berpengalaman dibidang keterampilan masing-masing.

Published
2020-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 1575
PDF Downloads: 4871