Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 2 Surabaya

  • Nadhila Ayu Refina Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan bagaimana implementasi sistem kredit semester (SKS) dan penyelenggaraan supervise yang dilaksanakan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 2 Surabaya. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan datanya memakai observasi partisipan pasif, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk menguji kevalidan datanya peneliti menggunakan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitiannya memperlihatkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam implementasi sistem kredit semester (sks) yaitu; pemenuhan persyaratan administrasi dalam implementasi sistem kredit semester, menentukan beban belajar peserta didik, pengelolaan kurikulum, membuat RPP yang akan digunakan sebagai acuan dalam belajar, mempersiapkan tenaga pendidik, mempersiapkan peran BK dalam memfasilitasi peserta didik, kelayakan sarana dan prasarana penunjang sistem kredit semester. Sedangkan pada pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menangani permasalahan guru pada proses kegiatan belajar mengajar maupun dalam memfasilitasi peserta didik, mengetahui kendala-kendala dalam pengimplementasian sistem kredit semester (SKS).

Published
2020-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 96