Implementasi Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMP Cikal Surabaya

  • Hajarotul Aini Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq

Abstract

Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan yang mana berpengaruh pada seluruh rangkaian kegiatan pendidikan. Mengingat kedudukan kurikulum yang penting pada pendidikan, maka dalam penyusunan dan implementasi kurikulum tidak dapat dilaksanakan dengan sembarangan. Tujuan dari penelitian ini untuk menguraikan: (1) Latar belakang dirumuskannya Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies di SMP Cikal Surabaya, (2) Implementasi Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies dalam meningkatkan kompetensi peserta didik, (3) Peran dan dukungan dari personil sekolah dalam implementasi Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik uji kredibilitas dengan merujuk pada teknik triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), membercheck, dan dependabilitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa latar belakang dirumuskan Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies karena adanya kesadaran akan pendidikan anak yang dapat dikembangkan dan Cikal berkeinginan setiap siswa memiliki kompetensi dan skill untuk dapat menghadapi masa depan dan perkembangan zaman. Alasan lainnya karena Cikal adalah sebuah komunitas maka dirasa perlu membuat kurikulumnya sendiri yang sesuai bagi komunitas Cikal. Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies terdiri dari 5 kompetensi dan 14 dimensi yang dapat diaplikasikan pada semua fase kehidupan dan sesuai bagi kebutuhan siswa. Kepala sekolah se-Cikal Raya bersama dengan bidang kurikulum melakukan rapat perencanaan untuk menentukan dimensi pada setiap mata pelajaran dan kegiatan yang mendukung implementasi kurikulum cikal, selanjutnya kepala sekolah bersama guru-guru melakukan vertikal planner dan horizontal planner setiap tahunnya untuk membahas implementasi kurikulum cikal. Dasar dalam implementasi kurikulum cikal adalah Cikal 5 Stars dan Cikal Ways (5Cs). Sekolah Cikal dalam mengukur keberhasilan implementasi kurikulum secara umum dengan melakukan review setiap satu tahun sekali se-Cikal Raya. Terdapat kesulitas yang dirasakan bagi sebagian guru dalam implementasi kurikulum cikal, namun seiring berjalannya waktu dapat diatasi dengan selalu belajar dan pelatihan yang diberikan oleh Cikal. Seluruh personil sekolah memiliki peran dan dukungan dalam implementasi kurikulum cikal. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa model kurikulum yang diterapkan pada Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies adalah kurikulum humanistik.

Published
2020-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 816