Peran Hubungan Masyarakat Era Marketting 4.0 Dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya

  • Muhammad Lathifur Rakhman Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran hubungan masyarakat era marketing 4.0 dalam meningkatkan keterserapan lulusan program keahlian multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya yang berkemampuan dan berketerampilan relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obseervasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck; transferabilitas; dependabilitas; serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas sebagai communicator, humas sebagai ujung tombak pemasaran sekolah dalam sarana publikasi, promosi, dan social listening. Peran humas sebagai membina relationship mengawali branding melalui pelayanan publik hubungan masyarakat dengan mekanisme, yakni tahap identifikasi, tahap klarifikasi, dan tahap rebuild relationships. Peran humas sebagai backup management meliputi: 1) Wewenang kepala sekolah yakni pengambilan keputusan serta pengendalian pada setiap proses; 2) Wewenang humas adalah sebagai problem-solfing process facilitator serta expert presciber. Peran humas sebagai corporate image menggunakan pemasaran omnisaluran yang berbentuk konsep marketing business, membawa sinergi kualitas hubungan pasar sekolah dengan perusahaan/industri, wujud kegiatan pemasaran sekolah yaitu pameran tugas akhir siswa.

Published
2020-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 395
PDF Downloads: 1174