Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

  • Avif Irwan Saputra Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 319 mahasiswa dan jumlah sampel penelitia sebanyak 177 responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019 di Jurusan Manajemen Pendidikan. Teknik pengumpulan data berupa angket / google form dengan menggunakan skala likert. Sedangkana pada analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pada variabel komunikasi interpersonal (X) nilai signifikansi 0,034 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan prestasi akademik di Jurusan Manajemen Pendidikan ; (2) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan dan bersifat positif terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,159 ; (3) pengaruh komunikasi interpersonal memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,025 dapat diartikan bahwa komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 2,5 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Published
2020-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 690
PDF Downloads: 540