Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru

  • Ria Ika Rahmawati Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan studi kepustakaan/studi literatur. Data penelitian dikumpulkan melalui kajian teks kemudian dianalisis dengan tekniks analisis isi. Langkah-langkahnya yaitu. Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasikan berdasarkan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, penulis mengambil simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dapat berpengaruh terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam upaya menciptakan kinerja guru ditentukan oleh kemampuan kepala sekolah dalam menyesuaikan situasi dan kondisi di sekolah dalam mengambil keputusan sehingga berdampak pada peningkatan kinerja guru.

Published
2020-08-03
Section
Articles
Abstract Views: 282
PDF Downloads: 269