Gaya Kepemimpinan Demokrasi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Amirul Mukminin mahasiswa
  • Karwanto Karwanto universitas negeri surabaya

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu peningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini kepemimpinan kepala sekolah mempunyai wewenang dan peraturan yang berbeda-beda dalam menentukan sebuah keputusan yang efektif guna peningkatan hasil belajar peserta didik. Tentunya gaya kepemimpinan kepala sekolah juga memiliki banyak peran dan pengaruh yang besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan 20 jurnal yaitu 10 jurnal internasioanl dan 10 jurnal nasional. Dari beberapa jurnal tersebut maka dapat diketahui bahwasanya gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam pelaksanaannya adalah gaya kepemimpinan demokratis. Gaya kepemimpinan demokratis merupakan tipe atau model kepemimpinan yang sederhana, gaya kepemimpinan demokratis tidak selamanya menjamin kepemimpinan seseorang. Dalam hal ini, kepemimpinan kepala sekolah perlu memandang situasi dan kondisi, maka bisa saja tipe atau model kepemimpinan lainnya harus disiapkan oleh seorang kepala sekolah. Implikasi kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik harus terlihat baik mulai dari prestasi, hasil belajar, prestasi akademik maupun non akademik.

Published
2020-08-18
Section
Articles
Abstract Views: 163
PDF Downloads: 771