Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Minat Baca Siswa Di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya

  • Zuli Iva Nofia Sari Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto . Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi sekolah terhadap motivasi belajar dan minat baca siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu program literasi sekolah (X), motivasi belajar ( ) dan minat baca siswa ( ). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP IT At-Taqwa Surabaya kelas VII, VIII dan IX sebanyak sebanyak 300 siswa dengan sampel 171 siswa. Teknik pengambilan yang digunakan adalah teknik startified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Uji prasayarat analisis data menggunakan uji normalitas dan linieristas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua. Hasil penelitian adalah berdasarkan uji T bahwa nilai signifikansi program literasi sekolah (X) terhadap motivasi belajar ( ) adalah 0,032 > 0,05 dan nilai signifikansi program literasi sekolah (X) terhadap minat baca siswa ( ) adalah 0,000 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan program literasi sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan minat baca siswa. Hasil analisis data adalah: (1) Program literasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMP IT At-Taqwa Surabaya sebesar 2,158 dan (2) Program literasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa SMP IT At-Taqwa Surabaya sebesar 3, 845.

Published
2020-08-25
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 1481