Pengaruh Diklat Fungsional Guru Terhadap Profesionalisme Guru di SD Negeri Kaliasin I dan SD Negeri Ketabang Kecamatan Genteng Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diklat fungsional guru terhadap profesionalisme guru di SD Negeri Kaliasin I dan SD Negeri Ketabang Kecamatan Genteng Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan cara menyebar angket atau instrumen yang disebar dengan total populasi 83 guru akademik di SD Negeri Kaliasin I dan SD Negeri Ketabang Surabaya diperoleh sampel 69 guru akademik. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data pada uji hipotesis diklat fungsional guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profesionalisme guru di SD Negeri Kaliasin I dan SD Negeri Ketabang Kecamatan Genteng dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Persentase pengaruh diklat fungsional guru terhadap profesionalisme guru diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,534 yang dapat diartikan bahwa pengaruh variabel diklat fungsional guru terhadap profesionalisme guru adalah 53,4% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang lain selain variabel yang ada pada penelitian ini.
Downloads

