Pembinaan dan Pengembangan Profesional Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0

  • Setiya Wulandari Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memahami, menjelaskan, dan menganalisis pembinaan dan pengembangan profesionalitas guru pada Revolusi Industri 4.0. Penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan/studi literatur. Data yang diperlukan dihimpun melalui kajian teks, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisi isi. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa upaya pembinaan dan pengembangan guru meliputi pengelolaan proses penerimaan guru, pengelolaan kompetensi guru, pengoptimalan berbagai desain keprofesian guru, serta lesson study dengan penguatan e-literasi. Adapun kompetensi guru yang perlu diperhatikan dalam pendidikan era Revolusi Industri adalah 4 kompetensi dasar (pedagogy, personality, professional, and social) berbasis literasi digital dan kompetensi global yang mendukung education 4.0.

Published
2020-09-15
Section
Articles
Abstract Views: 971
PDF Downloads: 920