Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Ready to be a Leader di SD Al-Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui program ready to be a leader, faktor yang mempengaruhi penerapan program, dan usaha-usaha dalam meningkatkan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wali kelas, dan siswa. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Hasil penelitian meliputi 1) Implementasi program ready to be a leader di SD Al-Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo dimplementasikan melalui beberapa program yakni program kelas life skill danĀ program latihan kepemimpinan atau biasa disebut Tabiat, 2) Faktor yang mempengaruhi penerapan program terbagi atas faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam program ini yaitu kesungguhan dan kerjasama seluruh stakeholder sekolah, dan faktor penghambat yaitu kurangnya percaya diri dari siswa dan kurangnya peran atau kerjasama wali murid, 3) Usaha-usaha untuk meningkatkan pendidikan karakter meliputi: a) Meningkatkan intensitas komunikasi antara sekolah dan wali murid; b) Keseragaman sikap oleh seluruh stakeholder sekolah; c) Koordinasi dan evaluasi antara pembina tabiat dan tim tabiat; d) Pembinaan untuk tim tabiat.
PDF Downloads: 389