Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program Ready to be a Leader di SD Al-Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo

  • Dewi Windasari Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui program ready to be a leader, faktor yang mempengaruhi penerapan program, dan usaha-usaha dalam meningkatkan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wali kelas, dan siswa. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Hasil penelitian meliputi 1) Implementasi program ready to be a leader di SD Al-Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo dimplementasikan melalui beberapa program yakni program kelas life skill danĀ  program latihan kepemimpinan atau biasa disebut Tabiat, 2) Faktor yang mempengaruhi penerapan program terbagi atas faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam program ini yaitu kesungguhan dan kerjasama seluruh stakeholder sekolah, dan faktor penghambat yaitu kurangnya percaya diri dari siswa dan kurangnya peran atau kerjasama wali murid, 3) Usaha-usaha untuk meningkatkan pendidikan karakter meliputi: a) Meningkatkan intensitas komunikasi antara sekolah dan wali murid; b) Keseragaman sikap oleh seluruh stakeholder sekolah; c) Koordinasi dan evaluasi antara pembina tabiat dan tim tabiat; d) Pembinaan untuk tim tabiat.

Published
2020-09-23
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 389