Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah di SDN Model Banyuwangi
Abstract
Sekolah merupakan sarana dan prasarana untuk setiap manusia dalam melakukan pendidikan. Setiap sekolah pasti memiliki seorang pemimpin yang memimpin dengan baik, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab sehingga mampu menjunjung nama tinggi sekolah. Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berada disekolah dan memiliki peran penting dalam lembaga pendidikan. Tercapainya prestasi yang mampu di raih oleh peserta didik merupakan salah satu kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui : (1) Peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SDN Model Banyuwangi; dan (2) strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SDN Model Banyuwangi. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik untuk pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan : keteladanan kepala sekolah baik dalam tindakan maupun kedisiplinan, pembinaan profesionalisme guru yang dilakukan kepala sekolah, penerapan supervisi dan kurikulum 2013, serta prestasi peserta didik.
Kata Kunci : kepala sekolah, kepemimpinan pembelajaran, strategi, peran.
PDF Downloads: 768