Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik

  • Azza Maulidiyah Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih

Abstract

Tujuan studi literatur ini adalah menelaah hasil gagasan tentang layanan dan fasilitas perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Metode penulisan studi literature yaitu tahapan-tahapan dalam penulisan studi literature meliputi : menyeleksi topik, mencari literature, mengembangkan pendapat, dan survei literatur. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi. Hasil dari studi literatur ini adalah: (1) kepala perpustakaan berperan dalam peningkatan minat baca peserta didik dengan bantuan dari guru yang diberi tanggung jawab oleh kepala perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik dengan memberikan motivasi, tugas-tugas yang berhubungan dengan membaca. Kepala perpustakaan memberikan pelatihan tentang layanan yang baik terhadap pengunjung dan fasilitas yang lengkap. Oleh sebab itu, adanya  layanan dan fasilitas perpustakaan yang memadai merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan minat baca peserta didik ke perpustakaan.

Published
2020-12-05
Section
Articles
Abstract Views: 1414
PDF Downloads: 4650