Manajemen Ekstrakurikuler Robotika Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik di SD Muhammadiyah 4 Surabaya

  • Syifaur Rahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengakuan orang tua terhadap prestasi non akademik yang dicapai peserta didik. Sehingga perlu meyakinkan bahwa kegiatan dan prestasi non akademik juga berguna untuk kehidupan peserta didik. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan dan menganalisis manajemen ekstrakurikuler robotika di SD Muhammadiyah 4 Surabaya (2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler robotika di SD Muhammadiyah 4 Surabaya (3) mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas ekstrakurikuler robotika di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Penelitian di lakukan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.

                Hasil dalam penelitian ini (1) manajemen ekstrakurikuler : sumber daya yang terlibat dalam ekstrakurikuler adalah koordinator ekstrakurikuler, penanggungjawab ekstrakurikuler dan pelatih ekstrakurikuler.Jadwal ekstrakurikuler dilaksanakan hari rabu, jumat, sabtu selama 90 menit, tujuan ekstrakurikuler pembentukan karakter, media publikasi, dan prestasi.Strategipencapaian ekstrakurikuler dengan pengaturan jadwal ekstrakurikuler, rekrutmen pembina berkompeten, dan kerjasama sekolah, pelatih, dan orang tua. Pelaksanaan ekstrakurikuler sistematis dan dinamis dipantau oleh penanggungjawab ekstrakurikuler dan pelatih ekstrakurikuler. Evaluasi ekstrakurikuler dilaksanakan setiap bulan, semester, dan tahun untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi dan mendapat solusi (2) faktor pendukung interpersonal dan intrapersonal yaitu minat, harapan, umpan balik, rekreasi, pelatih, penghargaan, dukungan berbagai pihak. Faktor penghambat interpersonal dan intrapersonal yaitu jadwal sekolah, kurangnya pelatih, sarana prasarana, ada kegiatan lain yang diikuti peserta didik (3) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas ekstrakurikuler robotika yaitu mengikuti perlombaan, memberi penghargaan, melakukan riset pengembangan, dan memenuhi kebutuhan sarana prasarana.

Kata kunci : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kualitas ekstrakurikuler, prestasi

Published
2020-12-24
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 574