Strategi Implementasi Program Outing Class Untuk Membangun Karakter Kebangsaan Siswa

  • Yulius Ardy Setiawan Manajemen Pendidikan Unesa

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki nilai kegamaan, pengenalan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, lingkungan, dan Negara menjadi manusia yang kamil. Metode penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari literatur maupun referensi-referensi baik buku maupun jurnal. Hasil penelitian kajian literatur ini yaitu mendeskripsikan tentang pentingnya penanaman pendidikan karakter bagi siswa salah satunya pendidikan karakter kebangsaan. Sekolah sebagai salah satu tempat untuk mendidik siswa diharapkan mampu selain untuk mendidik akademik siswa tetapi juga mampu membentuk karakter siswa. Sekolah juga diharapkan memiliki berbagai program-program dalam upaya pembentukan karakter siswa. Outing class adalah pembelajaran diluar sekolah yang menjadi salah satu program sekolah dalam upaya membentuk karakter siswa khususnya karakter kebangsaan dimana program outing class adalah pembelajaran pendidikan karakter yang langsung dan nyata dimana siswa langsung belajar terhadap obyek pembelajaran tersebut.

Published
2021-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 148
PDF Downloads: 492