Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran

  • Bina Fatma Apriliana Manajemen Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak

Tujuan penilitan ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan tentang strategi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan studi kepustakaan/studi literatur. Data penelitian ini di kumpulkan melalui kajian teks kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi. Langkah-langkahnya yaitu. Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interprestasi data penulis mengambil simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan menghasilkan prestasi yang baik. Manajemen kelas yang baik dilakukan oleh guru dengan menerapkan lingkungan yang kondusif, memotivasi siswa, pembelajaran yang bervariatif, pengaturan jam pembelajaran yang struktural dan etos kerja yang di tunjukkan oleh guru mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Strategi, Manajemen Kelas, Efektifitas

Published
2021-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 3464