Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Trenggalek

  • Alfiyan Zainul Hadi Manajemen Pendidikan Unesa

Abstract

Tujuan penilitan ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi sekolah dalam mencapai sekolah adiwiyata, upaya sekolah dalam melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi dalam program adiwiyata, dan peran serta masyarakat dalam implementasi adiwiyata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, rancangan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data yang ada di lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, setelah melakukan tahap pertama kemudian melakukan kondensasi, kondensasi dilakukan oleh peneliti dengan memilah data dan menarik kesimpulan, kemudian barulah melakukan verifikasi data dan akhirnya menarik kesimpulan. Aktivitas dalam analisis data, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, strategi dalam  mencapai adiwiyata di SMA Negeri 2 Trenggalek adalah dengan menerapkan empat indikator yakni, kebijakan kepala sekolah untuk adiwiyata, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan ligkungan berbasis partisipatif dan sarana prasarana ramah lingkungan. Kedua, penerapan program 5 jum’at yang sudah diatur oleh sekolah, kemudian kegiatan pembelajaran yang terintegrasi oleh lingkungan dilakukan oleh dewan guru dalam pemberian materi kepada siswa, meskipun dengan catatan tidak semua mata pelajaran terintegrasi oleh lingkungan hidup, dan yang terakhir adalah dengan ekstrakurikuler berbasis lingkungan. Ketiga, partisipatif orang tua melalui pemberian bantuan tanaman dan poster, terkadang juga di undang di jadikan narasumber dan turut partisipatif dalam penyuluhan tentang adwiyata.

Published
2021-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 555