Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah 3 Waru Sidoarjo

  • Ilham Dzikrulloh Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah  dalam meningkatkan kinerja guru; (2) Faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat kepala sekolah dalam  program meningkatkan kinerja guru di sekolah; (3) Usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Kepemimpinan dalam sekolah yaitu sistem kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah adalah manajerial yang berfokus pada pendidikan. Dalam kesehariannya kepala sekolah sebagai pemimpin bisa mengayomi bawahannya, menerapkan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan guru dan muridnya. Melakukan pengambilan keputusan dengan bermusyawarah dengan bawahannya. Kepala sekolah melakukan pengawasan kepada guru yaitu meliputi supervisi kelas. Pihak sekolah bekerjasama dengan yayasan, lembaga dan masyarakat sekitar. Adanya komunikasi baik dengan bahasa yang santun dan tegas dalam memberikan instruksi sehingga mudah dipahami oleh warga sekolah. (2) Faktor pendukung yang ada di sekolah adalah berupa pemberian peghargaan  yaitu reward bagi guru yang berprestasi atau kinerjanya baik. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih ada guru yang kurang disiplin, seperti masih ada yang datang terlambat. Beberapa guru memiliki karakter kurang bersosialisasi sehingga kesulitan dalam berkomunikasi dan membagi waktu. Melihat kinerja guru yag menurun maka kepala sekolah sebagai stakeholder akan memberikan motivasi dan pembinaan. Sedangkan  guru yang lebih senior ikut merangkul dan memberi motivasi kepada guru yang masih muda, sehingga dapat bersemangat kembali. (3) Mengembangkan kinerja guru dengan cara mengikutsertakan  dalam kegiatan pembinaan, pelatihan-pelatihan, MGMP dan workshop. Pihak sekolah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam memfasilitasi dan memberi kesempatan bagi guru melanjutkan sekolah strara dua untuk meningkatkan kinerja guru. Pembinaan kedisiplinan yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru   adalah dengan adanya apel pagi dan checklock di pagi hari dan adanya raport penilaian kinerja guru setiap pergantian semester. Sebagai bentuk pemberian motivasi maka kepala sekolah juga memberikan pemfasilitasan terhadapa semua kegiatan yang akan dijalankan oleh guru maka akan di dukung penuh.

Published
2021-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 1517