Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru
Abstract
Supervisi akademik bertujuan untuk membantu guru dalam pengembangan kompetensi, mendorong guru dalam mengembangkan proses pembelajaran, serta pemberian bantuan bagi guru untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini ialah untuk menjelaskan implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru. Dengan metode penulisan studi literatur yang menggunakan penelitian konseptual dan berhubungan dengan ide dan teori. Yang menjadi bahan kajian literatur diklasifikasikan menjadi dua yakni sepuluh jurnal nasional dan sepuluh jurnal internasional. Tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: menyeleksi topik, mencari literatur, mengembangkan pendapat, survei literatur, kritik literatur, dan menulis review. Hasil literatur menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik terdapat tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut guna meningkatkan profesionalisme guru. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, ketiga tahap supervisi akademik harus dijalankan sesuai dengan konsep dasar supervisi. Sehingga upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui supervisi akademik dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran supervisi akademik.