Urgensi Penerapan Manajemen Kelas dalam Memantau Perkembangan Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

  • Tesya Nur Ova Rukmana Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penerapan manajemen kelas pada pendidikan dasar merupakan suatu hal yang harus dilakukan berkaitan dengan hal tersebut di mana sekolah dasar merupakan pendidikan pada tingkat dasar yang menyiapkan peserta didik pada jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan dasar merupakan tahap persiapan untuk peserta didik sebagai bekal pada jenjang pendidikan selanjutnya yang mana pada pendidikan dasar ini peserta didik pada umur 6-12 tahun berada pada tahap operasional konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan permasalahan terkait dengan urgensi penerapan manajemen kelas dalam memantau perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review yang didalamnya mencakup beberapa hal diantaranya adalah identifikasi masalah, evaluasi dan sintesis terhadap temuan terdahulu juga buku yang berkaitan dengan topik permasalahan. Kegiatan belajar mengajar merupakan interaksi timbal balik antara guru dan peserta didik. Suasana di dalam kelas berpengaruh cukup besar terhadap kemampuan siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran secara optimal, selain itu keterampilan guru juga sangat diperlukan. Dampak dari kegiatan belajar terhadap perkembangan dan pola pikir siswa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri dan motivasi dalam proses pembelajaran baik secara aktif dan pasif. Faktor keberhasilan manajemen kelas merupakan tolok ukur keberhasilan guru dalam mengajar dan membangun hubungan baik antara guru dan peserta didik. Penerapan manajemen kelas akan memberi kemudahan kepada guru dalam pemantauan perkembangan belajar peserta didik yang ditekankan pada kemampuan dan kreativitas guru di dalam sebuah kelas yang dapat dilakukan dengan kemampuan manajerial guru yang termasuk dalam kompetensi pedagogik guru serta pengorganisasian kelas yang baik.

Published
2021-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 379
PDF Downloads: 283