Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Achmad Bagas Hariyadi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Fasilitas belajar berbasis IT (Information Technology) atau yang biasa disebut dengan Teknologi Informasi bertujuan untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan disekolah agar berjalan lebih efektif dan inovatif. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk menjelaskan pengaruh fasilitas belajar berbasis IT terhadap hasil belajar siswa. Dengan menggunakan metode studi literatur yang menggunakan penelitian konseptual dan berhubungan dengan ide dan teori. Bahan kajian literatur diklasifikasiakan menjadi dua yaitu sepuluh jurnah nasional dan sepuluh jurnal internasional. Tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: menyeleksi topik, mencari literatur, mengembangkan pendapat, survei literatur, kritik literatur, dan menulis review. Hasil literatur menunjukkan bahwa fasilitas belajar berbasis IT yang ada disekolah berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajarann guru dan siswa harus memanfaatkan fasilitas sekolah secara maksimal agar target yang di inginkan tercapai dan juga hasil belajar siswa menunjukan perubahan yang lebih baik.

Author Biography

Nunuk Hariyati, Universitas Negeri Surabaya

Fasilitas belajar berbasis IT (Information Technology) atau yang biasa disebut dengan Teknologi Informasi bertujuan untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan disekolah agar berjalan lebih efektif dan inovatif. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk menjelaskan pengaruh fasilitas belajar berbasis IT terhadap hasil belajar siswa. Dengan menggunakan metode studi literatur yang menggunakan penelitian konseptual dan berhubungan dengan ide dan teori. Bahan kajian literatur diklasifikasiakan menjadi dua yaitu sepuluh jurnah nasional dan sepuluh jurnal internasional. Tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: menyeleksi topik, mencari literatur, mengembangkan pendapat, survei literatur, kritik literatur, dan menulis review. Hasil literatur menunjukkan bahwa fasilitas belajar berbasis IT yang ada disekolah berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajarann guru dan siswa harus memanfaatkan fasilitas sekolah secara maksimal agar target yang di inginkan tercapai dan juga hasil belajar siswa menunjukan perubahan yang lebih baik.

Published
2021-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 464
PDF Downloads: 3176