Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru

  • Jihan Mevia Angelina Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di sekolah. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil studi kepustakaan menunjukan bahwa. Pertama, kepemimpinan transformasional kepala sekolah  sangat berperan dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Kedua, kepala sekolah mampu melakukan perubahan-perubahan melalui pemberian motivasi yang kuat kepada guru, memfasilitasi guru, melakukan inovasi serta memiliki tekad yang kuat untuk memajukan dan mengembangkan kinerja guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik.

Published
2021-02-04
Section
Articles
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 377