Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Digital

  • Muhammad Zuhair Arrasyid Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pendidikan karakter peserta didik di era digital. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran penting dalam mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan semua sumber daya yang ada untuk mewujudkan pendidikan karakter peserta didik di era digital. Keberhasilan kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter ditentukan oleh: (1) ketegasan dan kedisiplinan dalam melaksanakan setiap peraturan mengenai pendidikan karakter; (2) peran kepemimpinan kepala sekolah menjadi motivator bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mewujudkan pendidikan karakter; (3) penciptaan iklim dan budaya sekolah yang kondusif; (4) keteladanan kepala sekolah dalam mewujudkan dan mensukseskan pendidikan karakter bagi seluruh warga sekolah.

 Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, pendidikan karakter peserta didik, era digital.

 

ABSTRACT

The purpose of writing this scientific article is to know, explain and analyze the role of the principal's leadership in the character education of learners in the digital age. This method of writing scientific articles uses literature studies. Data is collected through text studies and relevant research results. Data analysis is done by steps: First, the collected data is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, qualitatively reviewed data are analyzed using content analysis. Third, based on the results of data analysis and interpretation, conclusions are taken that are equipped with suggestions. The results of scientific article studies show that the principlal's leadership has an important role in influencing, mobilizing, developing and empowering all existing resources to realize the character education of learners in the digital age. The success of the principal in realizing character education is determined by: (1) assertiveness and discipline in implementing every regulation regarding character education; (2) The leadership role of the principal shall be a motivator for teachers and other education personnel in realizing character education; (3) the creation of a conducive school climate and culture; (4) to the example of the headmaster in realizing and succeeding character education for all school residents.

Keywords: principals leadership, student character education, digital age.

Published
2021-02-04
Section
Articles