Profesionalisme Kepala Sekolah Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru

  • Ifdina Bihusnik Silmana Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis profesionalisme kepala sekolah perempuan dalam upaya meningkatkan motivasi kinerja guru. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran.  Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa. Pertama, gaya kepemimpinan yang paling efektif digunakan yaitu gaya kepemimpinan transformasional. Kedua, gaya kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan seorang pemimpin yang fokus pada visi serta semangat kerja yang tinggi untuk mencapai tujuan, dengan cara memberikan dorongan dan kekuatan positif kepada guru. Ketiga, implikasi profesionalisme kepala sekolah perempuan dalam upaya meningkatkan motivasi kinerja guru  dimulai dari rancangan visi dan motivasi, baik motivasi dari dalam diri maupun dari luar.

Published
2021-02-04
Section
Articles