Kinerja Tenaga Pendidik Dalam Mengelola Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

  • Rahmad Kholik Akbar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis kinerja tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran di masa pandemi covid-19. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan.Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa. Pertama, kinerja tenaga pendidikdalam mengelola pembelajaran di masa pandemi Covid-19, terbagi menjadi tiga pembahasan yaitu: (1) factor kinerja tenaga pendidik; (2) pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan; (3) kinerja tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran;  Kedua, tenaga pendidik sangat dominan dalam  proses pengelolaa pembelajaran, hal menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran merupakan bidang yang sangat penting dalam melaksanakan kelangsungan proses pendidikan  di masa  pandemi covid-19.

Published
2021-02-11
Section
Articles