Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru

  • Dinda Dwi Kartika Rahmawati State University of Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi literatur. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang sudah dikumpulkan diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, menganalisis data-data yang sudah dikaji menggunakan analisis isi. Ketiga, pengambilan kesimpulan disertai saran-saran berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya pada langkah pertama dan kedua. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa. Pertama, kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi kinerja guru. Kedua, kepala sekolah yang senantiasa bersikap positif, memberikan penilaian pada kinerja guru, dan budaya sekolah yang dibentuk secara tidak langsung oleh kepala sekolah melalui kebiasaan atau sikap yang ditunjukkan oleh kepala sekolah akan mendorong motivasi pada diri para guru untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya. Ketiga, kinerja yang baik pada guru dapat dilihat dari komitmen yang tinggi untuk mengajar.

Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, peningkatan kinerja guru, motivasi kerja guru

 

ABSTRACT

The purpose of writing this scientific article is to find out, explain and analyze the transformational leadership role of the principal in efforts to improve teacher performance. . The method used in this scientific article uses literature study. Data were collected through text review and relevant research results. Data analysis was carried out in steps: First, the data that has been collected is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, analyzing the data that has been studied using content analysis. Third, making conclusions accompanied by suggestions based on the results of the analysis that was carried out previously in the first and second steps. The results of scientific article studies show that. First, the  principal's leadership can affect teacher performance. Second, the principal who is always positive, gives an assessment of the teacher's performance, and the school culture formed indirectly by the principal through the habits or attitudes shown by the principal will encourage the motivation of the teachers to constantly improve their performance. Third, good performance in teachers can be seen from a high commitment to teaching.

Keywords: transformational leadership of the principal, improvement of teacher performance, teacher performance motivation.

Published
2021-02-18
Section
Articles
Abstract Views: 301
PDF Downloads: 776