Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Inklusi

  • Isronia Azizah Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk memahami, mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di sekolah inklusi.  Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, informasi data  yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, informasi data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan Hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat berperan penting dalam peningkatan kinerja guru. Strategi ini mencakup: (1) pendekatan dan komunikasi yang dilakukan kepala sekolah dalam pelaksanaan: pelatihan bagi guru pembimbing sekolah inklusif, workshop, seminar, supervisi klinis; (2) memberikan reward serta hukuman dan ; (3) pemberian motivasi.

Published
2021-02-18
Section
Articles