Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Guardia Mulyasidhi Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Manajemen kelas merupakan faktor penting dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan-kegiatan yang diupayakan seorang guru untuk menciptakan suasana dan situasi kelas yang kondusif dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat vital adanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan usaha-usaha dalam manajemen kelas untuk mengoptimalkan sumber daya kelas pada saat pandemi bagi siswa sekolah dasar dalam upaya menjaga bahkan meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan 20 jurnal yaitu 10 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional. Dari beberapa jurnal tersebut maka dapat diketahui bahwasanya metode pembelajaran daring merupakan opsi alternatif untuk melaksanakan kegiaan belajar dan mengajar pada saat pendemi seperti ini. Faktor yang mempengaruhi manajemen kelas antara lain : 1.) Guru; 2) Peserta didik; 3) Wali murid 4) Fasilitas. Dari keempat faktor tersebut sangat menentukan terbentuknya manajemen kelas yang efektif. Indikator keberhasilan pengelolaan kelas sendiriĀ  antara lain : 1) Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, tertib, disiplin dan bergairah ; 2) adanya hubungan yang baik antara siswa dan guru maupun guru dan siswa secara interpersonal. Pendekatan guru terhadap murid dan wali murid menjadi lebih vital lagi. Penggunaan platform digital yang menyesuaikan dengan kemampuan literasi digital sebagian besar pengguna yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan juga bantuan pemerintah berupa kuota dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran daring pada saat pandemi.

Published
2021-02-23
Section
Articles