Peningkatan Keprofesionalan Guru Melalui Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

  • Moch Isnudin Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Penulisan atikel ilmiah bertujuan untuk mengetahui dan menelaah tentang supervisi klinis dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam upaya peningkatan keprofesionalan guru. Artikel ilmiah ini menggunakan metode kualitatif jenis kajian pustaka  atau studi literatur. Kajian pustaka atau studi literatur yaitu dengan cara menelaah beberapa jurnal nasional dan jurnal internasional sehingga dalam memperoleh data melalui kajian teks yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analsisi isi. Hasil dari artikel ilmiah ini adalah dengan adanya pelaksanaan program supervisi klinis berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan secara berkesinambungan dapat meningkatkan keprofesionalan guru. Pelaksanaan program supervisi klinis berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat memanfaatkan media seperti email, short message service (SMS), telepon, video call, rekaman video, dan media lainnya. Pelaksanaan supervisi klinis berbasis teknologi informasi dan komunikasi dilaksanakan dengan tiga siklus, yaitu tahap pertemuan awal, tahap observasi kelas, dan tahap pertemuan akhir (pertemuan balikan).

Kata Kunci: Supervisi Klinis, Keprofesionalan Guru, Teknologi Informasi dan komunikasi 

ABSTRACT

Writing scientific articles aims to identify and examine clinical supervision with the use of information and communication technology in an effort to improve teacher professionalism. This scientific article uses a qualitative method of literature review or literature study. Literature review or literature study is by reviewing several national journals and international journals to obtain data through text studies which are then analyzed using content analysis techniques. The result of this scientific article is that the implementation of a clinical supervision program based on information and communication technology that is carried out continuously can improve teacher professionalism. The implementation of information and communication technology-based clinical supervision programs can utilize media such as email, short message service (SMS), telephone, video calls, video recordings and other media. The implementation of information and communication technology-based clinical supervision is carried out in three cycles, namely the initial meeting stage, the classroom observation stage, and the final meeting stage (feedback meeting).

Keywords: Clinical Supervision, Teacher Professionalism, Information and Communication Technology

Published
2021-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 278
PDF Downloads: 387