Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Aryuna Dini Rahayu UNESA
  • Mohammad Syahidul Haq Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mereview pembelajaran daring, yang difokuskan pada aspek komponen sarana dan prasarana pembelajaran. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur, pengumpulan data menggunakan data sekunder dengan menganalisis 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional dari data yang dikaji secara kualitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi yaitu mengumpulkan data, mengolah data, dan menyimpulkan. Hasil review menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sistem informasi pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Zoom dan Google Classroom karena aplikasi ini mudah dalam memberikan pelayanan bagi pengguna. Aktivitas pembelajaran daring tidak lepas dari penggunaan gawai atau alat elektronik dan jaringan internet. Namun dalam pelaksanannya, terdapat kendala atau hambatan yang dialami seperti ketersediaan fasilitas sarana yang belum memadai, diantaranya: 1) Konektivitas jaringan internet yang lemah, 2) Kebutuhan kuota internet yang tinggi, 3) Kepemilikan gawai yang tidak seluruh peserta didik miliki, dan 4) Keterampilan guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi informasi. Komponen keberhasilan kegiatan pembelajaran adalah salah satunya pada sarana dan prasarana yang mendukung, maka perlunya upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran daring agar dapat diakses secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Published
2021-02-27
Section
Articles
Abstract Views: 1385
PDF Downloads: 25245