Urgensi Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan

  • Salsa Wardha Zakiyawati S1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan urgensi sarana prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis artikel ini yaitu kajian literatur dan menggunakanteknik analisis isi, dimana peneliti mengkaji penelitian yang relevan berasal dari jurnal nasional, jurnal internasional, serta karya tulis lain yang relevan dengan topik artikel mengenai sarana prasarana serta prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan secara mendalam. Peneliti mengkaji penelitian terdahulu melalui beberapa tahapan, yakni: 1) Memilah penelitian yang relevan dengan topik artikel, 2) Mengumpulkan data atau informasi untuk ditelaah, 3) Menentukan state of the art  dari beberapa penelitian yang dianalisis, dan 4) Mengembangkan hasil analisis data atau informasi untuk menghasilkan suatu benang merah atau pembaharuan. Hasil analisa atau kajian menunjukkan bahwa keberadaan sarana dan prasarana merupakan suatu hal yang krusial atau urgent dalam mencapai prestasi belajar terutama pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan yang banyak melaksanakan pembelajaran secara praktik. Perlu adanya pemanfaatan serta pengelolaan sarana pembelajaran agar tercapai tujuannya. Di Era Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki keunggulan dalam mengaplikasikan teknologi, hal tersebut mendorong Sekolah Menengah Kejuruan menyediakan sarana prasarana yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi tercapainya tingkat prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan.

Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar, Sekolah Menengah Kejuruan.

ABSTRACT

This article aims to describe the urgency of the infrastructure in increasing learning achievement at the Vocational High School. The type of article is literature review and uses content analysis techniques, where researchers examine relevant research from national journals, international journals, and other papers relevant to the topic of articles on infrastructure and student learning achievement in Vocational High School in depth. Researchers review previous research through several stages, such as: 1) Sorting relevant research with the topic of the article, 2) Collecting data or information to be studied, 3) Determining the state of the art from several studies analyzed, and 4) Developing the results of data analysis or information to produce a thread or renewal. The results of the analysis or study show that the existence of facilities and infrastructure is crucial or urgent in achieving learning achievement, especially at the Vocational High School level which carries out a lot of practical learning. It is necessary to use and manage learning facilities in order to achieve their goals. In the Industrial Revolution Era 4.0, a workforce who has excellence in applying technology is needed., that encourages Vocational High Schools to provide infrastructure that follows the development of science and technology in order to achieve a level of learning achievement in accordance with the objectives.

Keywords: Facilities and Infrastructure, Learning Achievement, Vocational High School.

Published
2021-03-09
Section
Articles
Abstract Views: 780
PDF Downloads: 1575