Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu

  • Diajeng Ayu Kinanti MP FIP UNESA
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan menjadi tanggungjawab  bersama antara pemerintah, sekolah, masyarakat dan orang tua siswa. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya partisipasi orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu. Penyusunan artikel ini menggunakan metode studi literatur melalui pendekatan teknik analisis isi dengan menelaah, mengkaji  temuan penelitian terdahulu serta buku yang relevan terkait dengan judul penelitian, sehingga akan memunculkan sebuah pandangan baru berupa saran atau masukan terkait  dengan partisipasi orang  tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu. Hasil kajian menunjukkan bahwa mutu pendidikan tidak hanya mengacu kepada hasil pendidikan saja, akan tetapi juga kepada input dan proses pendidikan. Orang tua siswa dalam penyelenggaraan  pendidikan bermutu memiliki posisi yang penting, dalam hal ini kesadaran tanggungjawab serta kepedulian orang tua siswa menjadi kunci dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan bermutu. Sehingga partisipasi orang tua siswa menjadi perhatian yang serius bagi pihak sekolah. Dengan menyusun sebuah strategi serta melakukan inovasi pada program sekolah yang melibatkan orang tua siswa didalam setiap prosesnya, maka akan dapat meningkatkan antusias orang tua dalam berpartisipasi. Apabila tingkat komitmen sekolah tinggi untuk melibatkan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu, maka hal tersebut akan berimbas kepada meningkatnya mutu pendidikan secara nyata.

Kata kunci : mutu pendidikan, sekolah, partisipasi orang tua

 

Abstract

Education is a shared responsibility between the government, schools, communities and parents. The purpose of this article is to describe the importance of parents' participation in the implementation of quality education. The preparation of this article uses literature study method through the approach of content analysis techniques by studying, reviewing the findings of previous research and relevant books related to the title of the research, so that it will give rise to a new view in the form of suggestions or inputs related to the participation of parents in the implementation of quality education. The results of the study showed that the quality of education not only refers to the results of education, but also to the input and process of education. Parents of students in the implementation of quality education has an important position, in this case the awareness of responsibility and care of parents is the key in the successful implementation of quality education. So that the participation of parents is a serious concern for the school. By developing a strategy and innovation in the school program that involves parents in each process, it will be able to increase the enthusiasm of parents in participating. When a high school level of commitment to involve parents in the education arrangement, it will have a real impact on the quality of education.

Key words: quality of education, school, parental participation

Published
2021-03-22
Section
Articles