Analisis Instrumental Input Pada Keefektifan Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid - 19 Di SMKN 1 Lengkong

  • Nur Aini Dwi Setyowati State University of Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid – 19 memaksa semua sistem untuk berubah dan menyesuaikan dengan keadaan saat ini, begitupula dengan pembelajaran. Gagne, (1985:29) menyatakan, untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien, perlu merancang situasi eksternal semaksimal mungkin untuk mengaktifkan, mendukung, dan memelihara proses internal yang terdapat pada setiap peristiwa pembelajaran. Pernyataan tersebut sama artinya dengan, untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efektif diperlukan manajemen pembelajaran tepat. Purwanto, (2007) memaparkan pembelajaran sebagai sistem terdiri dari tiga komponen yaitu, input, proses, dan output. Penelitian ini menggunakan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA), bertujuan untuk menganalisis faktor instrumental input pada keefektifan manajemen pembelajaran pada masa pandemi di SMKN 1 Lengkong, yang berfokus pada tiga variabel utama yaitu, kurikulum, pendidik, dan sarana dan prasarana. Model yang dihipotesiskan diuji menggunakan 295 sampel yang diambil dari populasi seluruh siswa SMKN 1 Lengkong secara random. Pengujian model yang dilakukan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), menunujukkan hasil yang signifikan bahwa kurikulum, pendidik, dan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap keefektifan manajemen pembelajaran pada masa pandemi. Hasil penelitian ini juga dilengkapi dengan hasil uji validitas dan reliabilitas. 

Published
2021-03-22
Section
Articles