Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0

  • Tri Lindawati Dewi Universitas negeri surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat sistem pendidikan harus melakukan perubahan agar mampu menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Untuk menghadapi era revolusi industri guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Kompetensi tenaga pendidik dibagi menjadi empat yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Tujuan penulis dalam penyusunan artikel ini yaitu ingin menganalisis dan meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik di era revolusi industri 4.0. Metode penulisan dalam menggunakan metode studi pustaka atau yang biasa disebut dengan riset pustaka. Data-data yang digunakan penulis untuk menyusun artikel ini merupakan hasil dari analisis kumpulan kajian teks dan penelitian yang relevan. Langkah langkah yang dilakukan dalam penyusunannya yaitu : Pertama mengumpulkan data-data yang dibutuhkan kemudian dikelomopokkan berdasarkan rumusan masalah yang ditentukan. Kedua, data yang sudah dikelompokkan berdasarkan rumusan masalah kemudian dilakukan analisis berdasarkan isi yang ada didalam data-data tersebut. Kemudian yang ketiga, hasil dari analisis data tersebut di tarik kesimpulan dan saran yang akhirnya di satukan dan menjadi sebuah artikel. Hasil dari penulisan artikel ini yang pertama yaitu: Menurut data dan permasalahan yang ada masih guru yang memenuhi kualifikasi hanya 47,79%.Yang kedua: cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kmpetensi profesional tenaga pendidik dibagi menjadi 2 cara yang pertama dengan menggunkan metode diklat atau pelatihan terhadap guru yang belum melek literasi digital. yang kedua, dengan menggunakan metode non diklat yang beruapa studi banding dan studi lanjut antar tenaga pendidik untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Kata Kunci : Strategi, Kompetensi Profesional, Tenaga Pendidik

Published
2021-04-12
Section
Articles
Abstract Views: 246
PDF Downloads: 662