Peranan Profesionalitas Guru dan Kelayakan Sarana Prasarana Pada Pembelajaran Dalam Jaringan

  • Axel Diandra Bramasta Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan profesionalitas guru dan kelayakan sarana dan prasarana dalam pembelajaran dalam jaringan. Metode artikel ini yaitu kajian literatur dengan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional serta buku. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi topik permasalahan, klasifikasi data penelitian, analisis data dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil studi literatur dalam penelitian yaitu terdapat beberapa indikator utama profesionalitas guru dalam pembelajaran dalam jaringan diantaranya: (1) Guru mampu menjadi seorang yang capable yakni melaksanakan dan memonitor proses belajar mengajar melalui aplikasi pembelajaran secara menyeleruh (2) Guru tidak menjadikan pembelajaran dalam jaringan sebagai hambatan (3) guru senantiasa menciptakan iklim positif dengan mencipatakan inovasi dalam proses pembelajaran dalam jaringan  (4) Guru berkoordinasi dengan wali murid akan kondisi peserta didik sehingga  (5) Proses pembelajaran dalam jaringan berjalan sesuai dengan rencana program semester. Kelayakan Sarana dan prasarana juga berperan penting sebagai penunjang pembelajaran dalam jaringan.  Terdapat dua peranan penting kelayakan sarana prasarana dalam proses pembelajaran dimana (1) Sarana Prasarana akan berpengaruh pada Hasil belajar peserta didik. (2) Sarana prasarana berpengaruh pada kinerja dari seorang pendidik. Pada penelitian ini juga ditemukan hambatan dan strategi pemenuhan kelayakan sarana prasarana yang memadai agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif.

Published
2021-04-07
Section
Articles