Penerapan Perpustakaan Digital Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Perpustakaan di Era Revolusi 4.0

  • Imel Neprianti Mahasiswa
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan artikel ilmiah ini untuk mengetahui dan menelaah tentang penerapan perpustakaan digital dalam upaya meningkatkan kepuasan pengguna perpustakaan di era revolusi 4.0. Metode pada penelitian ini menggunakan literatur review, dengan menelaah sumber data dari 10 jurnal nasional maupun 10 jurnal internasional. Penelitian ini tidak memiliki lokasi penelitian yang spesifik, sehingga memerlukan metode studi literatur dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil telaah dari beberapa jurnal, menyatakan bahwa penerapan layanan perpustakaan digital mampu meningkatkan kepuasan pengguna di era revolusi 4.0. Dengan adanya layanan perpustakaan digital yang didukung oleh faktor kualitas informasi yang komprehensif, kualitas sistem layanan yang efisien, serta kualitas layanan jasa yang sesuai dengan harapan pengguna. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan akses pengunjung terhadap layanan digital yang disediakan perpustakaan.

Kata Kunci: perpustakaan digital, kepuasan pengguna, revolusi industri 4.0

Published
2021-06-07
Section
Articles
Abstract View: 147
PDF Download: 139