Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Masa Pandemi Covid-19

  • Dewi Retno Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan literasi digital sebagai alat penunjang untuk meningkatkan minat baca siswa di masa pandemi Covid-19. Telaah artikel ini menggunakan studi literatur (literature review) yaitu dengan mengumpulkan data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat, dalam telaah ini menggunakan jurnal nasional, jurnal internasional  dan buku yang berkaitan dengan fokus pembahasan. Dari beberapa jurnal tersebut dapat diketahui literasi merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Namun rata-rata minat baca siswa di Indonesia masih perlu untuk ditingkatkan.  Adapun faktor yang mempengaruhi minat baca siswa yakni terdiri dari dua faktor baik internal maupun eksternal. Terlebih saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 bahwa proses pembelajaran mengalami perubahan yang semula dilakukan secara tatap muka, kini pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga secara tidak langsung siswa mengalami keterbatasan dalam mendapatkan bahan bacaan secara fisik. Dan layanan literasi digital dianggap cukup efektif untuk meningkatkan minat baca siswa di masa pandemi Covid-19. Hal itu bisa dilihat dari mayoritas siswa lebih senang membaca melalui layanan literasi digital karena banyak informasi yang bisa diperoleh dengan mudah. Namun dalam penggunaan layanan literasi digital di masa pandemi Covid-19 ini perlu adanya kerjasama antara orangtua dan siswa.

Kata Kunci: layanan literasi digital, minat baca, pandemi Covid-19.

Published
2021-04-27
Section
Articles
Abstract Views: 1814
PDF Downloads: 3332