Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Sekolah Ramah Anak
Abstract
Dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak maka diterapkannya Sekolah Ramah Anak atau SRA. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis strategi kepala sekolah dalam implementasi program sekolah ramah anak. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini yaitu menggunakan studi literatur. Data yang dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil dari sumber yang relevan, meliputi artikel jurnal- jurnal, karya tulis dan buku yang relevan. Hasil kajian artikel ilmiah ini menunjukan bahwa Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam mengambil keputusan dalam meningkatkan kualitas sekolahnya. Keberhasilan sekolah dapat terlihat dari sikap dan keputusan kepala sekolah, salah satunya dalam menyusun strategi. Kepala sekolah memiliki stategi dalam implementasi program sekolah ramah anak sesuai dengan indikator sekolah ramah anak yang meliputi 1) melaksanakan kebijakan Sekolah Ramah Anak sesuai standar, 2) melakukan tahapan pengawasan pada kurikulum, 3) melakukan pelatihan pada guru, 4) memenuhi sarana dan prasarana sekolah , 5) memberikan ruang pastisipasi bagi siswa, dan 6) melibatkan orang tua siswa dan masyarakat.
Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, Sekolah Ramah Anak