Peran Keefektifan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Dasar di Masa Pademi Covid-19

  • Inggrid Rosita Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19, yang melanda seluruh dunia telah membawa dampak perubahan. Salah satu dampak yang terjadi pada dunia pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan di lembaga pendidikan mengalami perubahan yang signifikan. Untuk menghadapi Pademi Covid-19 guru dituntut untuk meningkatkan kinerja guru, dalam hal ini keefektifan kepala sekolah memegang peranan yang penting dalam upaya untuk meningkatkan kinerja guru. Gagasan artikel ini penulis memfokuskan tentang peran keefektifan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan dasar pada masa pandemi Covid-19. Artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan melakukan telaah 10 jurnal Internasional dan 10 jurnal nasional. Hasil telaah jurnal ini yaitu efektifitas kepala sekolah sangat penting, bahwa kepala sekolah harus bisa memberikan tantangan kepada guru dalam proses belajar mengajar atau penyampaian kepada peserta didik, Kepala sekolah harus bisa memberikan trobosan ke dalam sistem sistem pengajaran di sekolah khususnya di masa pandemi Covid-19, sistem pengajaran dikemas dalam bentuk digital atau online, Kepala sekolah membuat skenario untuk proses belajar mengajar dengan menerapkan 50% SFH (Study From Home) dan SFS (Study From School), Kepala Sekolah membuat semacam perlombaan antar guru di bidang yang sama. Tujuan dari perlombaan ini untuk meningkatkan kompetensi guru dan untuk mengukur sejauh mana guru itu memahami bidang yang mereka ajarkan. Dari hasil telaah jurnal dapat disimpulkan bahwa peran keefektifan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan dasar sangat menunjang perubahan untuk peserta didik di masa Pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Keefektifan Kepala Sekolah, Kinerja guru, Pandemi Covid-19.

 

Published
2021-04-30
Section
Articles
Abstract Views: 382
PDF Downloads: 976