Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media Penunjang Pembelajaran

  • Husna Yunita Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari dibuatnya artikel ini untuk menelaah lebih mendalam mengenai implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media penunjang pembelajaran di sekolah dasar dan menengah. Pada artikel ini menggunakan metode kajian pustaka, yaitu dengan menelaah beberapa jurnal nasional dan jurnal internasional yang selanjutnya akan di analisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) dalam pengimplementasian TIK sebagai media penunjang pembelajaran terdapat berbagai jenis media berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran, namun guru juga harus dapat lebih cermat dalam memilih media pembelajaran berbasis TIK yang akan digunakan agar dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran, 2) kurangnya pelatihan bidang TIK bagi guru menjadi salah satu kendala utama yang dapat membuat guru lebih sulit dalam mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran, 3) adanya usaha dari guru dalam mengembangkan kompetensi dalam bidang TIK, dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dapat mendorong pengimplementasian TIK sebagai media penunjang pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan lebih maksimal dan kualitas pendidik juga dapat semakin meningkat.

Kata kunci: implementasi TIK, kompetensi guru, TIK dalam pembelajaran.

Published
2021-05-03
Section
Articles
Abstract Views: 669
PDF Downloads: 5680