Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Islam

  • Aghna Mahirotul Ilmi Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menelaah terkait manajemen yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk mewujudkan budaya religius di sekolah.  Serta agar keberadaan kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah dapat bertanggungjawab dalam kelancaran jalannya proses pendidikan saat mewujudkan nilai-nilai keagamaan di sekolah. Pada artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan cara menelaah beberapa jurnal nasional maupun internasional serta dari pustaka lainnya, sehingga memperoleh data melalui kajian teks kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil yang dapat diperoleh dari telaah jurnal adalah bahwa budaya religius di sekolah dapat diwujudkan melalui nilai-nilai agama yang dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah dan melalui simbol-simbol budaya yang mengandung nilai keagamaan. Proses yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mewujudkan budaya religius sekolah adalah melalui perspektif manajemen strategik yaitu mulai dari  1.) perencanaan dengan cara menetapkan tujuan, memahami keadaan, dan mengidentifikasi hambatan serta kemudahan, 2.) pelaksanaan dengan memberikan keteladanan, pembiasaan, serta internalisasi nilai, dan 3.) evaluasi. Dampak dari keberhasilan terwujudnya budaya religius di sekolah adalah memberikan dampak positif  terhadap sikap dan perilaku peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta semua warga sekolah.

Kata Kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, Budaya Religius

 

Published
2021-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 296
PDF Downloads: 1069