Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Jenjang Pendidikan Dasar

  • Dyah Kartika Putri State University of Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kebijakan sekolah ramah anak yang dibuat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia merupakan salah satu strategi untuk mengatasi beberapa kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah. Terdapat beberapa kasus yang menyebutkan bahwa peserta didik terlibat menjadi pelaku dalam kasus tersebut. Tujuan penulisan artikel adalah mengetahui dan menelaah tentang implementasi kebijakan sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. Metode penulisan menggunakan studi literatur. Sumber data diperoleh dari menelaah artikel nasional dan artikel internasional. Tahapan pada penelitian ini yakni: (1) memilih topik penelitian mengenai implementasi kebijakan sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter peserta didik pada jenjang pendidikan dasar; (2) merumuskan masalah sesuai dengan topik penelitian; (3) pengumpulan data dengan menyeleksi dan mengklasifikasikan beberapa jurnal yang relevan dengan permasalahan yang dikaji; (4) menganalsis dan menginterpertasi data; (5) simpulan dan saran. Berdasarkan hasil telaah dari beberapa jurnal, diketahui bahwa lingkungan sekolah yang aman, bersih, nyaman, sehat serta guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakakter peserta didik dan implementasi kebijakan sekolah ramah anak

Kata Kunci: Pembetukan karakter peserta didik, kebijakan sekolah ramah anak

Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 233