Pengaruh Program Technopark dan Kinerja Guru Terhadap Kompetensi Peserta Didik di SMK PGRI 1 Gresik

  • Ahmad Matinul Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program technopark dan kinerja guru terhadap kompetensi peserta didik di SMK PGRI 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 56 siswa/i. Berdasarkan hasil analisis data dari uji T, variabel program technopark (X1) didapat nilai Thitung sebesar 2,648>nilai Ttabel 2,00575 dan nilai signifikan sebesar 0,011<0,05 sehingga disimpulkan bahwa variabel program technopark (X1) berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik (Y) di SMK PGRI 1 Gresik. Sedangkan variabel kinerja guru (X2) didapat nilai Thitung sebesar 2,648>nilai Ttabel 2,00575 dan nilai signifikan sebesar 0,011<0,05 sehingga disimpulkan bahwa kinerja guru (X2) berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik (Y) di SMK PGRI 1 Gresik. Berdasarkan hasil analisis uji F didapat nilai Fhitung sebesar 54,555>nilai Ftabel 3,17 dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Sehingga disimpulkan bahwa variabel program technopark (X1) dan kinerja guru (X2) berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik (Y) di SMK PGRI 1 Gresik. Dan memiliki pengaruh sebesar 0,673 atau 67%. Oleh karena itu, adanya program technopark yang baik dan kualitas kinerja guru yang prima merupakan faktor dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dalam suatu lembaga pendidikan.

Published
2021-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 237