Pengaruh Program Technopark dan Kinerja Guru Terhadap Kompetensi Peserta Didik di SMK PGRI 1 Gresik

Authors

  • Ahmad Matinul Haq Universitas Negeri Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program technopark dan kinerja guru terhadap kompetensi peserta didik di SMK PGRI 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 56 siswa/i. Berdasarkan hasil analisis data dari uji T, variabel program technopark (X1) didapat nilai Thitung sebesar 2,648>nilai Ttabel 2,00575 dan nilai signifikan sebesar 0,011<0,05 sehingga disimpulkan bahwa variabel program technopark (X1) berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik (Y) di SMK PGRI 1 Gresik. Sedangkan variabel kinerja guru (X2) didapat nilai Thitung sebesar 2,648>nilai Ttabel 2,00575 dan nilai signifikan sebesar 0,011<0,05 sehingga disimpulkan bahwa kinerja guru (X2) berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik (Y) di SMK PGRI 1 Gresik. Berdasarkan hasil analisis uji F didapat nilai Fhitung sebesar 54,555>nilai Ftabel 3,17 dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Sehingga disimpulkan bahwa variabel program technopark (X1) dan kinerja guru (X2) berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik (Y) di SMK PGRI 1 Gresik. Dan memiliki pengaruh sebesar 0,673 atau 67%. Oleh karena itu, adanya program technopark yang baik dan kualitas kinerja guru yang prima merupakan faktor dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dalam suatu lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 147 , PDF Downloads: 280