Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kultur Akademik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dan layanan administrasi akademik terhadap kultur akademik di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 49 orang. Berdasarkan hasil analisis data dari uji T, variabel kompetensi profesional guru (X1) didapat nilai Thitung sebesar 2,035 > nilai Ttabel 2,013 dan nilai signifikan sebesar 0,048 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru (X1) berpengaruh terhadap kultur akademik (Y) di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Sedangkan variabel layanan administrasi akademik (X2) didapat nilai Thitung sebesar 7,875 > nilai Ttabel 2,013 dan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa layanan administrasi akademik (X2) berpengaruh terhadap kultur akademik (Y) di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Berdasarkan hasil analisis uji F didapat nilai Fhitung sebesar 32,015 > nilai Ftabel 3,20 dan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru (X1) dan layanan administrasi akademik (X2) berpengaruh terhadap kultur akademik (Y) di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Oleh karena itu, adanya kompetensi profesional guru yang baik dan kualitas layanan administrasi akademik tenaga kependidikan yang prima merupakan faktor dalam meningkatkan kultur akademik dalam suatu lembaga pendidikan.
PDF Downloads: 86