Supervisi Akademik Dalam Membantu Guru Menerapkan Reflective Teaching

  • Mohammad Agung Arif Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini ialah untuk menjelaskan supervisi akademik dengan menerapkan pengajaran reflektif yang membantu guru untuk menerapkan pengajaran reflektif. Metode penulisan studi literatur ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian kajian pustaka yang diklasifikasikan menjadi dua yakni sepuluh artikel nasional dan sepuluh artikel internasional. Tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi: penelusuran sumber, klasifikasi berdasarkan formula penelitian, pengolahan data, menampilkan data, abstraksi data, interpretasi data, dan kesimpulan. Hasil literatur yang digunakan menunjukkan bahwa supervisi akademik melalui pengajaran reflektif membantu guru dalam menerapakan pengajaran reflektif. Strategi yang digunakan, diantaranya: (1) buku harian guru; (2) observasi teman sejawat; (3) umpan balik peserta didik; (4) rekaman pembelajaran. Melalui strategi yang digunakan mampu membantu guru untuk menerapkan pengajaran reflektif.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Reflectif Teaching, Strategi Reflectif Teaching.

Published
2021-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 218